AHM Gelar Kontes Mekanik Honda Tingkat Nasional

Sebagai salah satu bentuk upaya untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, PT Astra Honda Motor (AHM) kembali melaksanakan Kontes Mekanik Sepeda Motor Honda tingkat Nasional untuk tahun 2005. Adapun tempat penyelenggaraan di PT Astra International Tbk–Honda Cabang Jogjakarta sebagai apresiasi terhadap Juara Umum Kontes Mekanik Nasional Honda tahun 2004 yang berasal dari Jogjakarta.

Pada tanggal 9 Desember 2005, kontes hari pertama dilakukan di PT AI Tbk–HSO Jogjakarta dan kontes hari kedua di lakukan di Benteng Vredeburg, Yogyakarta, pada tanggal 10 Desember 2005.

Tidak kurang dari 13.500 mekanik yang berasal dari 3.106 jaringan resmi bengkel sepeda motor Honda/AHASS (Astra Honda Authorized Service Station) diseluruh Indonesia telah mengikuti proses seleksi awal oleh Main Dealer. Dari seleksi awal tersebut terpilih 50 mekanik terbaik yang mewakili Main Dealer diseluruh Indonesia dan berhak mengikuti Kontes Mekanik Nasional Honda 2005.

Sistem penjurian dilakukan 2 hari, dimana pada hari pertama seluruh peserta mengikuti materi: teori, measurement & troubleshooting, dan dipilih 12 finalis, sedangkan kontes hari ke 2 dengan materi Troublesooting. Untuk Teori mempunyai bobot nilai 40 % dan Praktek 60 %. Untuk Nilai hari pertama (penyisihan) peserta mempunyai nilai 60 % dan dihari ke 2 = 40 %. Juri kontes mekanik bersifat netral semuanya adalah tim dari AHM, sehingga hasil dari kontes ini adalah mekanik Honda yang terbaik.

“Kontes ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan para mekanik sepeda motor Honda di bengkel AHASS, karena mereka adalah ujung tombak yang langsung berhadapan dengan customer,” ujar A.S.Tedjosiswojo, Technical Service General Manager PT Astra Honda Motor.

Selain itu kegiatan ini juga berfungsi sebagai tolok ukur keberhasilan dari pelatihan yang telah diberikan selama ini kepada semua khususnya para mekanik.

“Materi pelatihan baik teori maupun praktek berjenjang yang diberikan sesuai standard pelatihan dari Honda Motor Jepang, sehingga untuk mengukur seberapa jauh implementasi dalam memberikan layanan secara berkala kepada pelanggan sepeda motor HONDA agar keawetan, kenyamanan dan keamanan dalam berkendara dapat tercapai dan dirasakan,” kata A.S. Tedjosiswojo.

Untuk menambah percaya diri dan semangat kontestan, kontes ini dihadiri oleh para petinggi AHM diantaranya Minoru Yamashita (Presiden Director), Kristanto (Head of Corporate Communication), A.S Tedjosiswojo (Technical Service General Manager), Dandy Soelip (Domestic Markerting General Manager), dan para Service Manager dari seluruh Main Dealer dan suporter masing-masing daerah.

Acara kontes mekanik ini terbilang meriah karena dalam even ini para kontestan, supporter dan para pengunjung dihibur oleh para penyanyi, band dan dancer asal Jogjakarta. Pada saat acara dilaksanakan konsumen yang hadir pada acara tersebut mendapat kesempatan untuk mendapatkan hadiah doorprize yang merupakan bagian menarik dari acara kontes mekanik nasional.

Adapun para pemenang pada kontes ini adalah :
Juara I : Dedy Wijaya (Medan)
Juara II : Agus Suprapto (Jogjakarta)
Juara III : Abdul Khalim Budiharto (Bandar Lampung)

Kepada mekanik yang terbaik untuk tingkat nasional ini akan mendapat kesempatan untuk mengikuti kontes sejenis tingkat Asia-Oceania yang akan diselenggarakan tahun 2007 di Philipina.