Honda Vario 150 Cc Punya Kelemahan?

Tak dapat dipungkiri, produk – produk besutan Honda memang punya tempat tersendiri di hati masyarakat Indonesia. Tak terkecuali dengan Honda Vario terbaru Vario 150 cc. Banyak keunggulan yang dimiliki oleh Honda  Vario 150 cc sehingga menyebabkan banyak orang suka dengan Vario 150 cc.

Akan tetapi, walau punya banyak keunggulan, Vario 150 cc juga punya kelemahan. Nah, sebelum membeli Vario 150 cc baiknya Anda cek dulu apa saja kelemahannya sehingga jika memang kelemahan tersebut menurut Anda masih terbilang wajar, Anda tetap bisa membelinya.

Namun bagi Anda yang merasa kalau kelemahan tersebut merupakan kelemahan yang tidak wajar, maka Anda bisa segera mengurungkan niat untuk membeli Vario 150 cc. Lantas, apa saja kelemahan dari Vario 150 cc dibalik semua kelebihan yang dimiliki?

Kelemahan Honda Vario 150 Cc

Ruang kaki Honda Vario 150 cc tergolong sempit

Bagi mereka yang tingginya dibawah 160 cm mungkin tidak akan merasa kelemahan yang pertama ini. Akan tetapi bagi mereka yang tingginya diatas 160 cm atau bahkan mencapai 175 – 180 cm, tentu hal ini akan menjadi masalah.

Rasa kurang nyaman akan dirasakan melihat ruang – ruang kaki yang tergolong sempit. Lutut pengendara seringkali akan bersinggungan secara langsung dengan kompartemen bagian depan motor. Masalah ini sebenarnya bukan hanya terjadi pada Honda Vario 150 generasi terbaru saja.

Padahal generasi – generasi sebelumnya hal ini juga sudah menjadi masalah, hanya saja Honda tidak belajar dari apa yang pernah terjadi sebelumnya. Tentunya hal tersebut menjadi salah satu kekurangan mereka dari segi desain dan kenyamanan berkendara.

Performa mesin masih kalah dengan kompetitor

Mengklaim dirinya yang paling irit boleh – boleh saja. Akan tetapi berdasarkan sistem uji internal pabrikan yang telah dilakukan oleh pabrik dengan lambang sayap yang memiliki metode ECE R40, konsumsi bahan bakar rata – rata yang dimiliki mencapai 46 Kpl.

Dengan catatan tersebut walau mesinnya memang irit akan tetapi soal performa masih tidak ada apa – apanya kalau kita bandingkan dengan Aerox atau yang lainnya. Jantung mekanis dari Vario 150 ini juga hanya bisa mengeluarkan torsi sebesar 13,4 Nm di putaran 5000 rpm dan memiliki tenaga maksimal mencapai 12,9 Tk di putaran 8,500 rpm.

Mesin tersebut sanggup memuntahkan torsi puncak sebesar 13,8 Nm diputaran 6.250 rpm dan memiliki tenaga maksimal sebesar 14,74 Tk di putaran 8000 rpm. Kehebatan ini turut ditunjang dengan penggunaan kapasitas mesin sebesar 155 cc dengan teknologi katup variabel (VVA) tak bisa ditemukan di varian 150 Vario.

Belum memiliki power outlet

Pada varian Honda 150 cc, fitur yang akan Anda temukan memang banyak. Akan Anda temukan dukungan fitur pencahayaan full LED, panel instrumen digital, keyless alarm, answer back system, ISS dan yang lainnya.

Hanya saja walau sudah banyak fitur yang terdapat dibalik Vario 150 ini, dukungan power outlet masih belum disertakan. Padahal sebagaimana yang kita tahu bahwa di zaman sekarang, dukungan power outlet ini sangat penting untuk mengisi daya smartphone ketika sedang berkendara.

Bahkan mereka yang berprofesi sebagai pengemudi online atau ojek online pun sangat mencari motor dengan fitur power outlet tersebut. Hanya saja Vario 150 masih belum memilikinya padahal sebenarnya kalau dari soal mesin, banyak orang merasa tertarik dengan mesin Vario tipe 150 ini.

Body tidak bongsor dan desain serupa skutik entry level

Skutik matic 150 cc ini bukan lagi skutik untuk kelas entry level sehingga sebenarnya motor ini harus punya penampilan yang lebih baik dari skutik entry level atau setidaknya berbeda dari skutik entry level. Akan tetapi nyatanya hal tersebut tidak bisa kita temukan pada varian motor Honda Vario tipe 150.

Walau berada di segmen premium, Honda tetap membuatnya membumi dengan dimensi ringkas seperti skutik entry level. Panjang Vario tipe 150 ini mencapai 1.919 mm dengan lebar 679 mm dan memiliki ketinggian sebesar 1.062 mm.

Parahnya lagi, desainnya sama persis dengan Vario 125 sehingga tidak ada bedanya antara versi 125 dengan versi 150 padahal banyak orang yang berharap antara versi 125 dengan versi 150 dibuat dengan konsep yang berbeda.

Hanya saja semua itu masih belum dikabulkan oleh Vario. Vario hanya mengatakan kalau varian doff adalah bukti kepremiuman motor versi 150 cc ini. Akan tetapi buktinya, banyak brand lain yang bahkan bisa menciptakan kesan yang lebih premium dari varian tersebut.

Bagaimana? Kekurangan tersebut menjadi masalah atau tidak menurut Anda? Jika Anda merasa kekurangan diatas menjadi masalah, maka urungkan niat Anda untuk membeli Vario varian 150. Akan tetapi jika kekurangan tersebut menurut Anda bukan suatu masalah, Anda bisa membeli varian Vario terbaru diatas. Selamat berbelanja!