Kenali Ciri-ciri Kabel Kopling Mau Putus

0 Comments

Ciri ciri Kabel Kopling Mau Putus

Ketika membaca artikel ini, Anda akan mendapatkan informasi menarik, khususnya mengenai ciri-ciri kabel kopling mau putus. Akan tetapi sebelum membahas tentang ciri-cirinya. Alangkah lebih baiknya Anda mengetahui lebih jauh lagi mengenai apa itu kopling dan juga fungsinya untuk apa.

Kopling menurut orang Indonesia adalah salah satu peralatan yang bisa Anda temukan pada semua jenis motor tentunya tidak termasuk sepeda motor matic, karena motor matic tidak menggunakan sistem perpindahan gigi transmisi. Kopling memang sangat erat kaitannya dengan mesin dan transmisi.

Karena memang keberadaan kopling berada diantara mesin dan juga transmisi pada kendaraan. Tidak hanya motor saja, mobil manual pun juga menggunakan kopling untuk mengurangi kecepatan putaran mesin pada saat Anda akan melakukan perpindahan transmisi gigi, baik itu mengurangi ataupun menaikkan. Sehingga perpindahan transmisi gigi tersebut akan bisa masuk dengan sangat mudah.

Dengan adanya kopling tersebut, ketika Anda ingin melakukan perpindahan transmisi gigi, kendaran Anda akan tetap nyaman, serta tidak akan terasa adanya hentakan atau bahkan adanya guncangan. Hal tersebut dikarenakan adanya bantuan kopling. Akan tetapi Anda juga harus memastikan waktu yang tepat ketika ingin melakukan pergantian transmisi gigi dan juga ketika akan menekan tuas kopling. Karena jika timing yang Anda gunakan tidak tepat, bisa-bisa mesin motor atau mobil Anda bisa mati.

Seperti penjelasan di atas fungsi kopling pada kendaraan, baik itu motor ataupun mobil manual memiliki fungsi yang sama. ketika mesin pada kendaraan ditujukan untuk menghasilkan tenaga yang bertujuan untuk membuat motor atau mobil Anda bisa bergerak dari kecepatan nol, maka dibutuhkan part atau komponen yang dapat menyalurkan atau menjadi perantara mesin kendaraan dan juga transmisi.

Tugas atau fungsi dari komponen perantara ini adalah untuk menyalurkan hasil tenaga yang dikeluarkan oleh mesin kendaraan menuju ke transmisi, sehingga bisa membuat kendaraan Anda bisa bergerak bahkan bisa melaju dengan kecepatan tertentu, tentunya kopling juga bisa memutuskan tenaga yang dihasilkan oleh mesin kendaraan tersebut. Sehingga kendaraan Anda akan berkurang kecepatannya.

Pahami Tanda Kabel Kopling Sepeda Motor Mau Putus

Mempunyai kendaraan dengan kopling manual, khususnya motor mempunyai banyak keuntungan. Selain fungsinya yang sudah jelas, sehingga dapat membuat laju motor Anda semakin kencang. Kopling juga bisa membantu pada saat proses pengereman.

Dengan adanya tuas kopling manual, Anda akan lebih mudah untuk mengurangi kecepatan pada saat Anda ingin berhenti. Tentunya juga harus menekan tuas rem juga, agar lebih cepat pada saat Anda ingin mengurangi kecepatan laju kendaraan Anda. Akan tetapi setiap sisi yang mempunyai kelebihan pasti juga mempunyai kelemahan.

Yang menjengkelkan ketika mempunyai kendaraan dengan kopling manual adalah ketika kabel kopling Anda putus. Hal ini akan sangat berpengaruh besar pada kendaraan Anda, bahkan parahnya Anda harus mendorong motor Anda untuk bisa menuju bengkel terdekat, untuk memperbaiki kabel kopling motor Anda yang putus.

Untuk mengantisipasi kondisi tersebut, berikut ini ciri-ciri kabel kopling mau putus.

  • Kabel Kopling mudah kendur, kabel kopling yang kendur, umumnya disebabkan oleh untaian helaian kawat kabel yang sudah mulai putus. Kondisi tersebut bisa disebabkan karena umur pemakaian kabel yang sudah terlalu lama.
  • Adanya perasaan yang berbeda ketika menekan tuas kopling. Jika Anda sudah terbiasa menggunakan motor manual, pastinya Anda paham mengenai kondisi pada kendaraan Anda, sehingga ketika ada suatu hal yang beda dari biasanya akan mudah untuk diketahui.

Umumnya kondisi ketika menekan tuas kopling yang berbeda ini, bisa saja lebih ringan atau bahkan semakin berat. Ketika terasa lebih ringan, berarti ada helai kabel kopling yang sudah mulai putus. Dan ketika terasa lebih berat, bisa saja karena kawat kabel sudah mual berkarat, sehingga akan terjadi gesekan dengan kabel dan menyebabkan bunyi yang aneh.