Kenapa Mesin Mobil Mati Ketika Melewati Rel Kereta Api?

Hari Senin (09/12/2013) lalu terjadi kecelakaan diperlintasan Kereta Api di kawasan Bintaro Jakarta. Kecelakaan tersebut melibatkan antara KRL Commuterline dengan truk tangki BBM Pertamina yang bermuatan 24 ribu liter premium, akibatnya truk tangki tersebut meledak dan terbakar. Dalam kecelakaan tersebut 7 orang meninggal dunia termasuk masinis serta puluhan orang luka luka.

Dari kecelekaan tersebut ada satu pertanyaan yang muncul, mengapa truk berhenti ditengah rel tepat ketika KRL akan lewat? Terlepas dari apapun penyebab truk berhenti ditengah rel, ini semakin menguatkan suatu fenomena yang mengatakan bahwa mesin mobil mati (engine stall) ketika melewati rel yang sedang dilewati kereta api.

Dari beberapa kasus kecelakaan mobil dan kereta api hampir selalu mesin mobil mati (engine stall) ditengah rel yang sedang dilewati tersebut, sehingga tabrakan tidak bisa dihindarkan. Mengapa hal ini bisa terjadi? Dari beberapa sumber yang core-motorsports.org dapatkan, mesin mobil mati dapat diakibatkan adanya gaya magnetik yang dihasilkan oleh rel akibat gesekan rel dan roda kereta api.

BACA  Biker Motor Matic Perhatikan Detail Ini

Gaya magnetik tersebut akan mempengaruhi kinerja mesin utamanya pada sistem kelistrikan mesin mobil. Hal ini akan semakin berpengaruh terhadap mobil berbahan bakar bensin, karena sistem kelistrikkannya menggunakan CDI dan Platina yang apabila terkena medan magnet bagian ini akan menurun kinerjanya dan menyebabkan mobil mogok.

Namun beberapa teknisi mobil tidak menganggap sepenuhnya benar jika pengaruh magnetik ini menyebabkan mesin mogok. Kemungkinan pengaruh memang ada tapi tidak pada semua mobil, pengaruh magnetic tersebut mungkin hanya dirasakan oleh mobil keluaran lama, karena mobil keluaran baru sistem kelistrikkanya sudah canggih, sehingga hal tersebut dapat diminimalisir.

Terlepas dari canggih tidaknya mobil sobat, sebaiknya saat melewati perlintasan rel kereta api tetap waspada dengan melihat kanan dan kiri, jangan lupa untuk membuka kaca jendala agar pandangan lebih jelas. Dan satu lagi jangan mengunci pintu, hal ini untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan seperti mogok ditengah rel dan kita bisa segera keluar walau dengan sedikit panik.

BACA  Cara Menjaga Warna Cat Kilap Mobil