Langkah Mudah dalam Merawat Motor Honda Supaya Awet

Motor saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang untuk melakukan aktivitas mereka. Terlebih motor juga merupakan alat transportasi yang sangat mudah untuk digunakan oleh berbagai kalangan. Sebagai rekomendasi, Anda bisa memilih motor Honda. Akan tetapi, pastikan merawatnya dengan tepat agar awet.

Tips Merawat Motor Honda Agar Awet

Saat sudah membeli sepeda motor, Anda perlu mengetahui bagaimana cara merawatnya dengan benar. Dengan begitu, motor tersebut dapat digunakan dengan lebih awet untuk berbagai aktivitas. Baik itu bekerja, sekolah, kuliah, atau sekedar jalan-jalan saja. Di bawah ini beberapa tips yang bisa diterapkan tersebut:

  • Perhatikan BBM

Sangat penting bagi Anda untuk membeli BBM dengan tepat. Sebagai rekomendasi ada baiknya Anda membeli BBM langsung ke lokasi SPBU. Jangan sampai membeli BBM eceran dengan sembarangan karena di SPBU lebih aman dan terpercaya.

Pasalnya, percaya atau tidak, jerigen yang berbahan bukan plastik umumnya terdapat blendeng. Tentu saja hal tersebut tidak akan baik untuk kendaraan. Oleh karena itu, akan lebih baik jika membeli BBM langsung ke SPBU.

  • Cek oli mesin secara rutin
BACA  Sport Utility Vehicle (SUV)

Langkah selanjutnya, adalah dengan melakukan pengecekan oli mesin secara rutin. Anda bahkan bisa mengecek pelumas tersebut beberapa hari sekali sebelum menggunakan motor untuk bepergian ke tempat lain agar lebih aman dan nyaman.

Pasalnya, oli memiliki peran yang sangat penting demi menjaga komponen yang ada di dalam mesin agar tidak terjadi gesekan yang berlebihan. Dengan perawatan oli yang tepat tentu saja usia dari komponen mesin tersebut akan menjadi lebih awet. Begitu pula dengan sepeda motor tersebut.

  • Perhatikan baterai

Perlu Anda ketahui bahwa saat ini sudah ada banyak sepeda motor Honda yang menggunakan sistem injeksi. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki sepeda motor dengan sistem injeksi ada baiknya untuk memperhatikan bagaimana kondisi baterainya.

BACA  Daftar Merk Oli Untuk Motor Matic Honda Vario 125

Terlebih peran dari baterai tersebut sangatlah penting demi mengontrol berbagai komponen listrik di dalam motor. Contohnya seperti pengapian, bahan bakar, dan masih banyak lagi.

  • Cek ban secara rutin

Selain beberapa hal di atas, melakukan pengecekan ban sepeda motor juga sangat penting untuk dilakukan. Anda perlu memperhatikan tekanan angin ban sebelum menggunakan motor tersebut agar tetap aman selama di perjalanan.

Tekanan angin yang terlalu rendah pada ban akan menyebabkan ban motor yang dikendarai menjadi rusak. Anda juga akan merasakan pengendalian motor yang menjadi lebih berat sehingga kurang nyaman untuk dikendarai. Akan tetapi, apabila tekanan angin juga terlalu tinggi juga tidak baik.

Bisa saja ban motor mengalami kerusakan karena keadaan ban terasa sangat keras. Oleh karena itu, pastikan untuk mengecek keadaan ban secara rutin agar Anda dapat mengetahui tekanan angin yang ada di dalamnya.

  • Service secara rutin
BACA  Honda Tiger Akhirnya Hiatus Juga

Terakhir, jangan lupa juga untuk melakukan servis sepeda motor secara rutin. Hal tersebut sangat penting dilakukan demi mendapatkan keawetan dari sepeda motor yang sudah sering digunakan.

Dengan mendapatkan perawatan yang maksimal tentu saja semua komponen motor yang digunakan juga akan dapat bekerja dengan lebih optimal. Akan tetapi, pastikan untuk melakukan perawatan pada bengkel motor Honda yang resmi. Pasalnya, bengkel resmi tentu sudah didukung dengan adanya mekanik yang profesional, berpengalaman, dan handal.

Itulah beberapa langkah mudah yang bisa Anda terapkan saat ingin merawat motor Honda. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan motor tersebut dengan lebih awet tanpa adanya kerusakan yang berarti dan mengganggu saat ingin menggunakannya.