Merawat Motor Setelah Terendam Banjir

Lagi-lagi banjir melanda berbagai wilyah di Indonesia, mungkin alam yang semakin rusak membuat daerah yang dulunya anti banjir sekarang malah rawan banjir. Sehingga mau tidak mau masyrakat harus menerjang banjir agar tak terhenti aktifitasnya. Terutama bagi pengguna roda dua sebagai alat tranportasi sehari-hari. Perawatan motor serta cara mengemudi saat banjir, tentu berbeda ketika situasi normal.

Ketika motor terpaksa atau terlanjur terendam banjir maka perlu hati perlakuan setelah banjir, salah perlakuan bisa menyebabkan motor menjadi susah hidup atau mati sama sekali. Berikut core-motorsports.org memberikan tips perawatan atau perlakuan terhadap motor setelah terendam banjir.

Tips yang pertama, bongkar karburator motor otolovers, dan bersihkan dari air yang masuk kedalamnya, sebenarnya dengan mengalirkan bensin keluar melalui bagian bawah karburator tanpa membongkarnya sudah cukup, tetapi untuk lebih memastikan benar-benar bebas air lebih baik di buka saja.

Tips yang kedua, jangan langsung menyalakan motor ketika keadaan motor masih basah, bersihkan dan keringkan dulu bagian kelistrikan seperti cdi, koil, busi dan sebagainya. Setelah dipastikan kering baru boleh nyalakan mesin motor otolovers.

Tips yang ketiga, ganti oli motor otolovers secepatnya setelah motor terendam banjir. Hal ini untuk memastikan tidak ada air yang msauk kedalam mesin otolovers. Dan sebelum mengisi dengan oli baru usahakan oli lama benar-benar bersih alias sudah keluar semua.

Tips yang keempat, bersihkan dan berilah rantai motor otolovers sesegera mungkin, agar rantai motor otolovers bebas dri karat dan lebih awet.

Tips yang kelima, bersihkan rem otolovers dengan air detergent baik rem tromol atau rem cakram, karena air hujan biasanya membuat rem kurang maksimal. Akan lebih baik lagi jika sobat otolovers bongkar tromol dan bersihkan bagiannya satu per satu.

BACA  Fungsi dan Perawatan Sistem Kemudi Sepeda Motor

Tips yang terakhir, secepatnya cuci motor dengan air bersih dan segera keringkan, agar warna motor otolovers tidak pudar dan bebas dari karat.

Itulah tips sederhana tentang perawatan motor setelah terendam banjir yang bisa core-motorsports.org berikan kepada sobat otolovers semua, jangan lupa untuk melakukan perawatan extra agar motor tetap ok walau dipakai saat hujan dan tetap awet.