Mobil Legend keluarga Indonesia – Isuzu Panther

Isuzu Panther adalah salah satu kendaraan beroda empat keluarga berjenis Multi Purpose Vehicle (MPV) yang bermesin diesel. Yang cukup populuer di Indonesia pada tahun 90-an hingga awal 2000an, dan berkompetisi ketat dengan kendaraan beroda empat sejuta umat adalah Toyota Kijang.

Salah satu kelebihan dari Isuzu Panther ini adalah mesinnya yang handal, kuat buat nanjak serat irit bahan bakar karena sudah mengaplikasi teknologi bahan bakar injeksi. Dan untuk itu jargaon Isuzu yang Rajanya Diesel tidak cuma isapan jempol belaka, karena background Isuzu sendiri adalah produsen mesin diesel untuk truk, kapal, dan perlengkapan berat lainnya. Isuzu juga memproduksi mesin diesel utnuk produsen kendaraan beroda empat lainnya, seperti Holden dan Chevrolet.

Kelebihan lain dari Isuzu Panther ini adalah kapabel mengangkut banyak penumpang dan barang, untuk kapasitas penumpang saja kapabel diisi 9 orang termasuk supir, jadi cukup pantas dengan karakter orang Indonesia yang suka bepergian bareng keluarganya. Dan kendaraan beroda empat Panther ini didesain pantas dengan iklim dan tipografi Indonesia sehingga kendaraan beroda empat ini cukup kapabel bertahan hingga kini.

Diproduksi pertama kali pada tahun 1991, Isuzu panther sudah memiliki 4 generasi hingga kini. Tak heran Isuzu Panther masih menerima tempat dihati para penggemarnya. Generasi Isuzu Panther pertama tahun 1991 hingga 1996, generasi kedua tahun 1996-2000, generasi ketiga tahun 2000-2005, dan generasi keempat 2005-kini. Berikut penjelasan tiap generasinya

BACA  INILAH TAMPANG TERBARU TOYOTA YARIS

Generasi Isuzu Panther Pertama

Ini adalah generasi awal dari Isuzu Panther yang hadir di Indonesia dengan kode produksi TBR-52, diproduksi tahun 1991 hingga 1996. Memiliki mesin berkode c223 berkapasitas mesin 2238 cc OHV dengan teknologi indirect injection. Sanggup menciptakan energi hingga 58 dk pada putaran mesin 4500 Rpm. Ada 4 macam dari Panther generari pertama adalah macam Hi Grade (macam tertinggi ketika itu), Royale, Sempurna Assy (Deluxe), dan Standart (macam terendah).

Generasi Isuzu Panther Kedua

Pada generasi ini, terjadi penyempurnaan dari generasi sebelumnya adalah peningkatan energi mesin dari peubahan bodi yang lebih dinamis, dengan kode produksi TBR-54. Panther generasi kedua ini memiliki kapasitas mesin 2500 cc OHV dengan direct Injection. Mesin berkode 4ja1 ini memiliki energi jauh yang lebih meningkat dari panther sebelumnya adalah 86 dk pada putaran mesin 3900rpm. Ada lebih banyak macam dari generasi panther kedua ini adalah macam Standar (macam terendah), Deluxe (1996-1998), Royal (1996-1998), Grand Royal (1996-1997), New Royal (1997-2001), Hi sporty (1996-2000), Hi-grade (1996-1997), dan New Hi-grade ( 1997-2001) yang adalah macam tertinggi.

Pada generasi kedua ini adalah generasi keemasan dari Isuzu Panther, Sebab memiliki keunggulan dibanding rivalnya. Dan banyak yang mengatakan bahwa generasi kedua ini adalah produksi terbaik dari Isuzu Panther. Jadi tidak heran banyak yang masih mencarinya hingga kini, da hargajualnya malahan cukup tinggi untuk kendaraan beroda empat keluaran tahun 90an akhir.

BACA  Transmisi Matik Konvensional

Generasi Isuzu Panther Ketiga

Generasi ini diberikan tahu sebelum generasi kedua dihentikan produksinya sekitar tahun 2000. Untuk mesin sesungguhnya tidak terlalu ada perubahan dari Panther generasi kedua karena Isuzu masih mengakui kehandalan dari mesin generasi kedua yang berkode 4ja1 2500 cc OHV direct Injection. Cuma saja terjadi perubahan bodi yang cukup signifikan, kalau generasi sebelumnya Isuzu panther masih berbentuk agak kotak, maka pada generasi ketiga ini bentuk kotak hal yang demikian sedikit dihilangkan, jadi berkesan lebih dinamis dan modern. Tapi masih tetap memiliki ciri khas Isuzu Panther pada lampu depannya.

Untuk macam dari generasi ketiga ini meliputi SM (smart short), LM (smart long), SV, LV, SS, LS, Touring, dan Grand Touring. Urutan tersbut dari macam terendah hingga macam tertinggi.

Sayangnya mulai generasi ketiga ini kedigdayaan Isuzu Panther mulai tergerus. Sebab hadirnya macam kendaraan beroda empat MPV lain yang lebih kecil dan modern, serta berharga murah. Kala itu pertama kalinya hadir duet maut Avanza-Xenia yang berharga murah, sehingga tidak perlu waktu lama kedua kendaraan beroda empat hal yang demikian merajai segmen MPV. Disamping itu mesin diesel kala itu mulai ditinggalkan karena tidak ramah lingkungan dan berasap hitam. Dan banyak konsumen yang mengeluhkan panther generasi ketiga ini ringkih tidak sekuat generasi kedua.

BACA  Aksesoris Honda Civic BY Mugen

Generasi Isuzu Panther Keempat

Tak berkeinginan beranjak dari pasar MPV Isuzu panther terus melakukan perubahan agar tetap menerima tempat dimasyarakat Indonesia. Lahirlah generasi keempat Isuzu Panther yang adalah facelift dari generasi ketiga pada tahun 2005. Untuk mesin masih menggunakan dengan generasi sebelumnya, cuma saja untuk beberapa macam menggunakan mesin baru diberikan turbo agar lebih ramah lingkungan dan pantas dengan standart EURO.

Desain lampu denpan, beserta grill mengalam sedikit perombakan dan berkesan lebih macho dan modern. Kecuali itu interiornya juga mengalami perubahan yang cukup signifikan. Berikut macam Isuzu panther dari generasi keempat mulai dari macam terendah Smart FF, Smart, LV FF, LV, LS Turbo, Touring, dan Grand Touring.

Dan isu yang beredar, ketika ini Isuzu sedang menggodok pengganti Isuzu Panther ini. Dan dari bocoran yang ada Isuzu berencana memboyong Isuzu MU-7, namun masih belum ada keterangan sah dari Pihak Isuzu mengenai hal ini. Kita tunggu saja isu selanjutnya agar panther menerima penerus yang lebih legendaries.