Modifikasi Kawasaki KR-1S Menggunakan Mesin Suzuki SV650

Awalnya Jan Merckx seorang builder asal Inggris hanya memiliki sebuah motor “kecil” Kawasaki KR-1S dengan mesin 2 tak berkapasitas mesin 250cc, sebenarnya motor yang cukup bagus dan kencang. Namun dia menginginkan motornya tersebut menjadi lebih gahar, masalah pun timbul, karena Jan tidak suka motor berukuran besar.

Dan setelah dilakukan berbagai pertimbangan, akhirnya Jan memutuskan untuk mengganti mesin KR-1S dengan mesin yang lebih besar dan powerfull, dipilihlah mesin Suzuki SV650 V-twin untuk menggantikan mesin standartnya. Tentu saja banyak masalah muncul disini, selain ukuran rangka yang terlalu kecil untuk mesin SV650 juga penempatan silinder belakang yang terbentur rangka.

Tak mudah menyerah Jan dengan gigih merombak total rangka Kawasaki KR-1S nya agar mesin besar tersebut dapat terpasang dengan sempurna. Pemotongan rangka bagian tengah dilakukan agar silinder belakang dapat masuk dengan sempurna, selain itu dilakukan pelebaran rangka dan penambahan sedikit rangka sebagai dudukan mesin yang baru.

BACA  Sketsa Yamaha R25 Versi Massbro


Selain rangka tengah yang dirubah, sokbreaker belakang pun juga turut dimodifikasi, karena pemotongan rangka tengah tadi berdampak pada dudukan sokbreaker, sehingga perlu diatur ulang agar dudukan sokbreaker kuat dan nyaman saat dikendarai. Dan setelah pemotongan dan pengelasan rangka usai kini tinggal mengatur bodi.

Untuk tangki dan cover belakang Jan, masih menggunakan bawaan asli Kawasaki KR-1S agar identitasnya tidak hilang. Sengaja Jan menanggalkan fairing depannya agar motornya bergaya naked bike, uniknya Jan memasangkan batok lampu depan dengan model helm full face, bahkan kacanya pun bisa dibuka keatas agar lampu depan yang berntuk bulat dua buah bisa terlihat.

Untuk membangun motornya ini Jan membutuhkan waktu 7 tahun, mulai dari tahun 2005 hingga 2013. Buah ketekunan Jan ini menghasilkan sebuah karya luar biasa dari penggabungan ide dan kreatifitas yang tinggi serta kegigihan tanpa rasa menyerah. Dengan nilai kepuasan yang tinggi yang tidak bisa dibeli dimanapun.

BACA  Cara Kerja Transmisi Otomatis