Penyebab Kemudi Motor Sport Bergetar

Sering kali motor sport memiliki problem pada kemudinya, hal ini paling terasa ketika saat direm depan mendadak motor akan tertarik ke salah satu sisi, entah kekanan atau kekiri. Selain itu ketika tangan dilepas saat motor jalan, stang kemudi akan bergetar hebat goyang kanan kiri.

Ketika ditelusuri penyebabnya, masalah demikian ternyata disebabkan oleh dua factor, yakni shock breker yang telah mati sebelah atau bearing komstir aus. Cuman perbedaan efek sok mati atau bocor, saat direm depan mendadak stang kemudi banting salah satu sisi. Misalkan sok yang mati sisi kanan, biasanya yang terjadi bantingnya akan ke kanan dan sebaliknya.

Problem demikian harus diatasi agar tidak berbahaya bagi pengemudinya. Dan solusi dari masalah ini adalah dengan mengganti seal oli dan seal debu sok depan. Serta pemeriksaan pada fisik diameter luar inner tube. Misalkan kalah atau permukaannya aus dengan kedalaman 1,5 mm, lebih baik ganti inner tube yang baru, tetapi jika tingkat ausnya kurang dari 1 mm, cukup diatasi dengan mengkrom ulang untuk menambah lapisan baru dipermukaan inner tube.

BACA  Kenapa Mesin Mobil Mati Ketika Melewati Rel Kereta Api?

Problem ini juga biasanya disebabkan akibat seringnya motor distandar samping dalam waktu yang lama. Penyebab lain saat penggantian seal oli dan seal debu tidak dilakukan bersamaan.

Sedangkan problem getaran hebat saat stang kemudi dilepas itu biasanya efek bearing komstir yang sudah aus. Sehingga diperlukan pergantian bearing komstir bagian atas bawah. Problem demikian juga perlu diikuti dengan menyenter ulang, simetris tidaknya roda depan dengan roda belakang.

Penyebab masalah ausnya bearing komstir adalah pemilik malas melakukan perawatan penggantian pelumas bearing komstir. Factor lain motor dimodif nungging dalam waktu yang cukup lama sehingga tumpuan beban tertuju pada bagian depan motor, dan komstir yang akan menerima beban yang paling berat, sehingga bearing cepat kalah dan aus.

BACA  5 Persiapan Dasar Sebelum Mudik