Rincian Harga Motor Scoopy dari Tahun ke Tahun

Scoopy merupakan salah satu motor matic favorit. Honda sebagai produsen dari motor tersebut sempat menjadikan Scoopy sebagai motor andalan dalam melakukan penjualannya di Indonesia. Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2010, Scoopy setidaknya telah mengalami pembaharuan versi sebanyak 4 kali. Tentunya, selama itu, harga motor Scoopy dari tahun ke tahun mengalami perubahan.

Dalam pembuatan dan perkembangannya, membuat motor Scoopy yang beredar di Indonesia berbeda dengan motor tersebut yang beredar di Thailand. Di Indonesia, Scoopy yang beredar adalah versi yang menggunakan pengabutan karburator. Hal ini berbeda dengan motor Scoopy yang beredar di Thailand yang sudah menggunakan sistem injection.

Perkembangan Harga Motor Scoopy dari Tahun ke Tahun

Sejatinya motor ini merupakan salah satu motor favorit di Indonesia. ada beberapa hal yang menjadikan hal tersebut demikian. Pertama, desain Scoopy yang bergaya retro dan mewah membuat banyak orang suka motor tersebut. Kedua adalah harga motor tersebut yang tidak terlalu mahal. Berikut adalah perkembangan harga Scoopy dari sejak pertama kali diluncurkan hingga sekarang.

  1. Honda Scoopy Generasi Pertama (2010-2013)
BACA  Harga Mobil Terbang PAL V Buatan Belanda

Generasi pertama motor Sccopy dirilis pada bulan Mei 2010. Dalam model tersebut, desain yang diusung masih sederhana namun gaya retro dan modern sudah tampak jelas. Honda mendesain lampu depan Scoopy generasi pertama dengan model halogen di mana lampu tersebut terpisah dengan kedua lampu sein-nya. Di generasi pertama, speedometer yang digunakan masih berbentuk analog dan sederhana. Namun, beberapa fitur sudah disematkan seperti Secure Key System dan Parking Brake Block. Berbekal mesin 108 cc SOHC, motor Scoopy generasi pertama dibanderol dengan harga Rp. 13.500.000

  • Scoopy Generasi Kedua (2013-2015)

Honda merilis dan meng-upgrade varian Scoopy di tahun 2013, tepatnya di bulan Februari. Generasi kedua mengusung desain yang lebih sporty namun kesan retro dana modern masih tampak jelas. Perubahan terjadi di desain lampu depan. Honda membuat lampu depan menjadi lebih terang dengan pemasangan proyektor. Lampu sein yang terintegrasi dengan body juga menambah perubahan sisi depan. Dengan mesin yang sama dengan generasi sebelumnya, Scoopy generasi kedua dibanderol dengan harga Rp. 13.900.000

  • Scoopy Generasi Ketiga (2015-2017)
BACA  Perbandingan Fitur New V Ixion VS CB150R

Honda kembali memperbaharui varian Scoopy untuk generasi ketiga di bulan November 2015. Di generasi ini, desain Scoopy sedikit lebih mirip generasi pertama namun dengan body yang sedikit lebih gemuk dan modern. Penempatan grafis dan penambahan fitur terbaru seperti eSP, ISS, AGC Starter dan ABS membuat motor generasi keempat ini lebih menarik. Mesin di generasi ketiga menggunakan mesin bertenaga 108,2 cc dengan 7.500 rpm. Harga motor Scoopy dari tahun ke tahun terus meningkat berdasarkan tipe dan generasinya. Untuk generasi ketiga, motor ini dibanderol seharga Rp. 16.250.000.

  • Scoopy Generasi Keempat (2017-Sekarang)

Di generasi keempat, Honda melakukan perombakan di desain motor, khususnya pewarnaan motor. Warna yang digunakan jauh lebih cerah dan berwarna namun tidak over. Penambahan lampu LED juga menjadikan pembeda Scoopy generasi keempat dengan generasi sebelumnya. Jenis mesin yang digunakan generasi keempat pun berbeda dengan ketiga generasi sebelumnya, yaitu PGM-FI SOHC yang mampu memberikan putaran 7.500  rpm dan tenaga sebesar 6,7 kW. Selain itu, beberapa teknologi keamanan disematkan di generasi keempat ini, di antaranya adalah Anti-Theft System, Port USB Charger (sehingga motor dapat dijadikan seperti power bank), dan lainnya. Motor ini dibanderol dengan harga Rp. 17.800.000.

BACA  Twin 3000cc Australia Motor

Itulah perkembangan harga motor Scoopy dari tahun ke tahun. Anda sudah menentukan ingin beli yang mana?