Tak Perlu Repot ke Bengkel, Tips Komponen Mobil Sendiri dengan Cara Ini

Sekarang tidak perlu repot-repot pergi ke bengkel jika ingin melakukan pengecekan komponen mobil. Anda bisa mengecek beberapa komponen mobil Anda sendiri tanpa perlu harus jauh-jauh ke bengkel.

Pandemi Covid-19 dan aktivitas yang masih banyak dikerjakan dari rumah atau Work From Home (WFH) mungkin membuat Anda malas pergi ke bengkel untuk melakukan pengecekan mobil.

Honda Prospect Motor memberikan beberapa cara untuk Anda agar bisa melakukan pengecekan komponen mobil agar performanya selalu prima.

Komponen-komponen Mobil yang Bisa Dicek Sendiri

  1. Radiator

Radiator merupakan komponen utama yang harus dicek saat mobil tengah diservis. Air pada radiator harus dipastikan terisi penuh sampai batas level. Air pada radiator berfungsi untuk menjaga suhu mesin tetap optimal dan juga mencegah overheat.

Selain air radiator, cek juga bagian selang radiator dan selang penghubung ke reservoir dan pastikan selang tidak dalam keadaan retak ataupun menggelembung.

  • Oli mesin

Oli juga menjadi komponen dari mobil yang harus dicek secara teratur dan harus diganti secara rutin karena berfungsi untuk meringankan kinerja mesin mobil. Oli akan memberikan pelumasan yang cukup untuk mengurangi gesekan antar komponen mobil.

BACA  Kebiasaan Berbahaya Wanita Saat Mengemudi

Cek oli mesin mobil Anda dengan cara mengeluarkan stik oli atau dipstick dari wadahnya kemudian periksa level ketinggian oli tersebut di ujung stik.

Anda harus memastikan jika oli mesin berada di antara batas low dan high, selain itu periksa juga warnanya. Oli mesin yang masih dalam kondisi bagus memiliki warna kecoklatan, sementara oli yang sudah lama digunakan cenderung akan berwarna agak hitam pekat. Mengganti oli mesin harus dilakukan secara rutin sesuai jadwal yang tertera pada buku petunjuk kendaraan milik Anda.

  • Ban Mobil

Anda harus memastikan kondisi keempat ban mobil dalam kondisi yang baik. Pastikan permukaan ban mobil Anda tidak gundul dan juga tidak ada tekstur, rusak, atau bahkan benjol.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan Tread Wear Indicator (TWI) yang terdapat di sela-sela ulir ban mobil. Jika permukaan ban sejajar dengan garis TWI, itu berarti kondisi ban telah menipis dan harus segera diganti.

BACA  Cara Menjaga Warna Cat Kilap Mobil

Selanjutnya periksa tekanan angin pada ban agar sesuai dengan standar tekanan angin seperti yang seharusnya. Tekanan angin pada ban dapat dicek di bagian dalam pintu pengemudi.

  • Wiper

Periksa juga kondisi wiper pada mobil Anda dan pastikan kondisi karet wiper tidak retak atau robek dan masih bisa membersihkan kaca mobil dengan baik. Selain itu, Anda juga dapat mengisi tabung air wiper yang ada dalam kap mesin dengan cairan khusus pembersih wiper.

Kondisi wiper yang baik agar memberi kenyamanan pada pengendara saat mengemudi dalam berbagai kondisi apapun.

  • Minyak Rem

Perhatikan pula ketinggian tabung tempat penyimpanan minyak rem dan jika sudah berkurang, Anda harus segera menambahkannya. Minyak rem yang berkurang mengindikasikan ketebalan kampas rem yang sudah mulai menipis namun tidak terjadi kebocoran pada sistem rem.

  • Freon AC

Freon AC juga tak boleh disepelekan dan Anda bisa mengecek kondisinya sendiri tanpa harus pergi ke bengkel. Anda bisa mengecek melalui sight glass yang ada di ruang mesin mobil. Pertama-tama nyalakan mesin dan AC dan saat dalam kondisi idle maka akan terlihat bening.

BACA  Enam Hal Yang harus Diperhatikan Sebelum Touring Dengan Sepeda Motor

Sementara saat digas maka akan timbul sedikit gelombang udara. Namun jika saat dalam kondisi idle ada gelomban udara, itu menandakan bahwa freon AC mobil Anda berkurang.

  • Areka Kokpit

Anda juga harus memeriksa area sekitar panel instrumen dengan cara memutar kunci kontak mobil Anda dan buat dalam posisi ON serta perhatikan jika ada indikator yang menyala setelahnya. Cobalah untuk menyalakan mesin dan gerakan setir ke arah kanan dan kiri.

Selain itu Anda juga mengoperasikan tuas di area kemudi dan tak ketinggalan pedal yang terdapat di dalam kolong mobil. Jangan lupa juga mengoperasikan kontrol lain seperti AC, audio, tuas transmisi, dan juga handel rem parkir. Anda harus memperhatikan jika ada perubahan atau perbedaan dari kontrol-kontrol lain di area kokpit tersebut.