Tips Aman Berkendara Sepeda Motor

Jadikan aman dan nyaman mengendarai sepeda motor menjadi prioritas utama

Mengendarai sepeda motor membutuhkan keterampilan yang berbeda dibandingkan dengan mengendarai mobil. Namun, hukum di jalan raya berlaku sama bagi setiap pengemudi. Kombinasi dari pendidikan yang konsisten, memperhatikan hukum lalu lintas dan akal sehat dapat membantu dalam mengurangi jumlah kematian akibat kecelakaan sepeda motor. Sangat penting untuk memahami beberapa tip keselamatan dasar saat mengendarai sepeda motor

Ikuti tips ini untuk berkendara yang aman:

Selalu pakai helm dengan pelindung wajah atau pelindung mata.
Mengenakan helm adalah cara terbaik untuk melindungi dari cedera kepala yang parah. Pengendara sepeda motor yang tidak mengenakan helm lima kali lebih mungkin mengalami cedera kepala kritis.

Pakailah gigi yang sesuai.
Pastikan untuk memakai alat pelindung dan pakaian yang akan meminimalkan jumlah cedera jika terjadi kecelakaan atau tergelincir. Mengenakan pakaian kulit, sepatu bot dengan sol nonskid, dan sarung tangan dapat melindungi tubuh Anda dari cedera parah. Pertimbangkan untuk menempelkan tape reflektif pada pakaian Anda untuk memudahkan pengemudi lain melihat Anda.

Ikuti aturan lalu lintas.
Patuhi batas kecepatan; semakin cepat Anda pergi, semakin lama Anda berhenti. Waspadai hukum dan peraturan lalu lintas setempat.

Beri Kode
Jangan berasumsi bahwa pengemudi lain dapat melihat Anda, karena hampir dua pertiga dari semua kecelakaan sepeda motor disebabkan oleh pengemudi yang melanggar hak pengendara. Anda harus selalu menggunakan lampu depan; menjauhlah dari titik buta pengemudi; memberi sinyal jauh sebelum ada perubahan arah; dan perhatikan untuk memutar kendaraan.

Pertahankan Keterampilan Dalam Mengendarai Motor.
Selesaikan program pendidikan berkuda formal, dapatkan lisensi dan ikuti kursus berkuda dari waktu ke waktu untuk mengembangkan teknik berkuda dan untuk mempertajam strategi berkuda Anda.

Jaga Kondisi.
Jangan konsumsi makanan atau minuman yang bisa membuat konsetrasi berkendara menjadi labil, Anda bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain. Selain itu, kelelahan dan kantuk dapat mengganggu kemampuan Anda untuk bereaksi, jadi pastikan bahwa Anda cukup istirahat ketika akan mengendarai sepeda motor terutama saat akan menempuh perjalanan jauh.

Kondisi Motor Prima
Memastikan bahwa sepeda motor Anda pas untuk jalan sama pentingnya dengan berlatih berkuda yang aman. Jika ada yang tidak beres dengan sepeda motor Anda, sebaiknya mengetahui sebelum melakukan perjalanan jalan. Untuk memastikan sepeda motor Anda dalam keadaan baik, periksa hal-hal berikut:

Ban: Periksa apakah ada celah atau tonjolan, atau tanda-tanda aus pada tapak (tekanan ban rendah atau cacat apa pun dapat menyebabkan ledakan)
Di bawah sepeda motor: Cari tanda-tanda kebocoran minyak atau gas
Lampu depan, lampu belakang, dan sinyal: Uji balok tinggi dan rendah (pastikan semua lampu berfungsi)
Cairan Hidrolik dan Pendingin: Level harus diperiksa setiap minggu
Setelah Anda memasang sepeda motor, lengkapi pemeriksaan berikut:
Kopling dan throttle: Pastikan mereka bekerja dengan lancar (throttle harus patah kembali saat dilepaskan)
Cermin: Bersihkan dan sesuaikan semua cermin untuk memastikan tampilan paling tajam
Rem: Uji rem depan dan belakang (masing-masing rem harus terasa kencang dan tahan sepeda motor ketika masih terpasang penuh)
Klakson: harus dalam keadaan baik dan suaranya keras

BACA  Cara Hilangkan Noda Bekas Stiker Pada Kendaraan