Tips Beli Mobil Bekas, Perhatian Ciri-ciri Karet Pintu Mobil yang Sudah Rusak!

Salah satu tips untuk membeli mobil bekas yakni dengan memperhatikan kondisi karet pintunya.

Karet pintu menjadi bagian penting dari mobil dan Anda harus tahu kapan waktunya karet pintu harus diganti, terutama jika Anda membeli mobil bekas.

Fungsi Karet Pintu Mobil

Karet pintu memiliki fungsi penting yakni merapatkan bagian body mobil dengan pintu. Tak cuma itu, karet pintu mobil juga berguna untuk meredam suara yang berasal dari luar supaya tidak terdengar ke dalam mobil.

Bayangkan jika karet pintu mobil Anda sudah tidak layak digunakan atau rusak, maka suara-suara dari luar akan bocor dan terdengar di dalam mobil dan bisa mengganggu konsentrasi saat menyetir.

Ciri-ciri Karet Pintu Mobil Rusak

Salah satu cara melihat apakah karet pintu mobil bekas rusak atau tidak yakni dengan cara mengecek kondisi fisiknya. Jika karet pintu mobil bekas sudah pecah-pecah bahkan sobek, maka sudah saatnya untuk menggantinya segera.

Kerusakan karet pintu mobil disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya yakni periode penggunaan yang sudah terlalu lama yang membuat kondisi karet pintu mobil menjadi usang dan tidak layak pakai.

BACA  Peresmian Pabrik Ke-3 PT Astra Honda Motor

Selain umur karet pintu mobil, panas dari sinar matahari yang sudah terserap oleh body mobil Anda juga bisa menyebabkan karet pintu mobil menjadi lebih gampang rusak.

Kondisi karet yang sudah melar menandakan jika karet pintu mobil tersebut sudah rusak dan harus segera diganti dengan yang baru.

Kondisi Karet Pintu Mobil yang Rusak Parah

Jika karet pintu mobil sudah tidak pas atau fit lagi dengan tempat duduk maka maka akan ada celah yang dapat menyebabkan suara dari luar yang bising bisa masuk ke dalam kabin mobil Anda.

Tak hanya suara, air juga berpeluang masuk ke dalam mobil Anda jika karet pintu mobil sudah dalam kondisi yang benar-benar parah.

Hal tersebut bisa terjadi ketika Anda mencuci mobil, maka air bisa rembes dan masuk ke dalam kabin mobil melalui celah-celah karet yang sudah melar dan ruak tersebut.

Tips agar Karet Pintu Mobil Tidak Rusak

  1. Pilih tempat parkir yang aman
BACA  Motor Honda – Motor Sejuta Umat

Memilih tempat parkir yang aman di sini maksudnya ialah dengan memarkir mobil Anda di tempat yang tidak terpapar langsung sinar matahari sehingga karet pintu mobil Anda tidak menjadi cepat kering.

Jika karet pintu kering, maka masa penggunaannya tidak akan bertahan lama. Oleh karena itu, Anda bisa mulai mengusahakan untuk memarkir mobil di tempat yang teduh untuk menjaga kondisi karet pintu mobil agar lebih tahan lama.

  • Hindari Kontak Langsung dengan Karet

Walau terlihat sepele, namun usahakan sebisa mungkin untuk menghindari karet pintu mobil dari kontak langsung misalnya saat naik turun atau memasukkan dan menurunkan barang dari atau ke dalam mobil.

Jika kontak langsung dengan karet mobil sering terjadi maka bisa mengakibatkan robek atau gesekan yang membuat kondisi karet mobil menjadi semakin rusak dan membuat tidak nyaman.

  • Bersihkan Kotoran yang Menempel pada Karet

Salah satu penyebab karet pada pintu mobil tidak tahan lama yakni adanya kotoran yang menempel. Oleh karena itu, Anda harus rajin membersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada karet pintu mobil.

BACA  Terhipnotis SPG Cantik & Seksi Bisa Membuat Anda Salah Beli Mobil

Cara membersihkan karet pintu mobil yakni dengan menyiram dan mencuci bagian sela-sela lekukan pada karet mobil dengan rutin. Anda bisa menggunakan air bersih dan juga silikon untuk membuat karet mobil tetap terjaga kelembabannya.

Cairan silikon juga berfungsi untuk menjaga karet pintu mobil Anda menjadi kering saat terkena paparan sinar matahari yang bakal membuat karet pintu mobil menjadi tidak tahan lama.

Jika Anda harus mengganti karet pintu mobil yang sudah rusak, Anda harus tahu bahwa ada dua jenis karet pintu mobil yang tersedia yakni   karet balon terdiri dari dua jenis yaitu polos dan balon bibir. Lalu jenis kedua ialah pintu letter K.

Demikan rangkuman tips-tips untuk menjaga karet pintu mobil Anda agar tetap awet. Namun jika kondisi karet pintu mobil Anda sudah benar-benar rusak, maka Anda harus segera menggantinya agar tidak merusak bagian mobil yang lain.