Tips Merawat Sistem Pendingin Mesin Mobil

Mesin pendingin adalah salah satu hal yang wajib kita jaga atau rawat di sistem atau komponen mobil kita, dengan merawat sistem pendingin mesin maka mobil kita akan jauh lebih awet atau tidak mudah rusak, rasio perbandingan kompresi mesin yang kian hari makin tinggi di mesin-mesin mobil modern saat ini menuntun kinerja sistem mesin mobil yang lebih optimal untuk kendaraan anda, maka tak heran untuk saat ini desin bodi yang mendukung mesin agar tidak cepat mengalami overheat, untuk itu lah anda perlu merawat sistem pendingin mesin mobil anda sehingga mobil anda tidak mudah mengalami overheat, kali ini core-motorsports.org akan memberikan tips merawat sistem pendingin mesin mobil anda.

BACA  Tips Mencuci Mobil Bercat Putih

1. Jaga volume air radiator kendaraan anda

Tabung reservoir kini menjadi salah satu acuan pengendara untuk mengetahui jumlah air radiator mereka, maka dari itu perhatikan jumlah air nya berada di antara batas low and high, jangan membuka tutup radiator mobil anda untuk menghindari hal yang tidak anda ingin kan.

2. Gunakan air radiator yang tepat untuk kendaraan anda

Radiator coolant wajib anda gunakan agar sistem pendinginan mobil anda dapat bekerja optimal. Titik didih yang lebih tinggi menjadi salah satu keunggulan radiator coolant ketimbang anda mengisi radiator anda dengan air keran. Plus kandungan pelumas yang berada di radiator coolant yang dapat menjaga kinerja waterpump.

BACA  Tips Membeli Velg Motor Bekas

3. Jaga Kebersihan Kondesor AC

Menjaga kebersihan kondesor AC juga sangat bagus untuk merawat sistem pendingin mesin mobil anda sehingga mobil anda akan tahan lama, posisi kondesor ac yang di depan menyebabkan kondesor lebih rentan terkena debu, jadi anda harus lebih sering merawat kebersihan kondesor ac.

4. Perhatikan Kinerja Kipas Elektrik

Bila Anda perhatikan, mesin modern yang ada saat ini selalu menggunakan single electric fan. Berbeda dengan mobil yang berada di era 90-an yang masih memisahkan kipas untuk mesin dan AC. Meski hanya ada satu kipas, kecepatan putaran kipasnya dibuat double alias ada dua tingkat kecepatan.

Pastikan kedua tingkat kecepatan putaran kipas bekerja secara optimal. Pasalnya, jika putaran kipas mobil anda mulai melemah, otomatis proses pelepasan panas mesin mobil anda akan terganggu. Terutama saat berada di kemacetan lalu lintas. Perbaiki atau ganti bila menemukan kondisi kipas seperti ini.

BACA  Enam Hal Yang harus Diperhatikan Sebelum Touring Dengan Sepeda Motor