Tips Penting Sebelum Beli Motor Bekas Honda Tiger Revo

Membeli sepeda motor bekas memang bukan hal yang mudah karena meskipun lebih murah, anda harus memperhatikan betul kondisi motor agar tidak rugi di kemudian hari. Honda Tiger Revo merupakan salah satu motor yang hanya bisa dibeli secara bekas karena produksinya sudah dihentikan sejak tahun 2014. Namun masih banyak yang tertarik dengan sepeda motor ini. Untuk anda yang ingin membeli sepeda motor Honda Tiger Revo bekas, berikut beberapa tips yang harus anda perhatikan.

Tips Membeli Honda Tiger Revo Bekas

1.    Memilih Penjual yang Terpercaya

Langkah pertama sebelum anda membeli motor adalah dengan memilih penjual yang terpercaya. Usahakan untuk membeli di dealer sepeda motor bekas yang terpercaya. Jika memang anda ingin membeli ke orang lain, pastikan orang tersebut adalah orang yang anda percaya. Minimal, mintalah data diri penjual seperti fotokopi KTP atau alamat rumah. Hal ini untuk menghindari penipuan yang mungkin saja terjadi pada anda.

2.    Ketahui Harga Pasaran Motor

Mengetahui harga pasaran untuk sepeda motor juga penting sebelum membeli motor bekas. Dengan menganalisis dan mengecek harga yang sedang berlaku dipasaran, anda akan terhindar dari penipu yang menaikkan harga sepeda motor bekas. Sebenarnya, setiap sepeda motor bekas akan memiliki harga yang berbeda tergantung pada merek dan kondisi motor itu sendiri. Untuk Honda Tiger Revo bekas dengan kondisi normal, harga pasarannya sekitar Rp 12 juta hingga Rp 13 jutaan. Namun jika kondisinya lebih bagus tentu harganya bisa naik dan sebaliknya jika kondisinya lebih buruk harganya bisa lebih turun.

BACA  Cara Menjaga Warna Cat Kilap Mobil

3.    Teliti Kelengkapan Surat Kendaraan

Tak kalah penting, anda juga harus meneliti kelengkapan dari surat kendaraan yang akan anda beli. 2 surat paling penting yang harus anda teliti adalah STNK dan BPKB. Langkah ini anda lakukan untuk memastikan kejelasan identitas pemilik asli sepeda motor sehingga anda tidak akan tertipu dengan barang curian. Jangan lupa untuk memastikan sepeda motor tersebut tidak menunggak pajak ya!

4.    Cek Nomor Rangka dan Mesin

Usahakan untuk mengecek nomor rangka dan nomor mesin setelah anda menerima STNK dan BPKB untuk diperiksa. Langkah ini sangat penting karena bisa menjadi penanda motor curian atau tidak. Jika nomor rangka dan mesin pada sepeda motor berbeda dengan keterangan yang ada di surat-surat, anda patut curiga bahwa surat-surat yang diberikan kepada anda adalah surat palsu.

BACA  Tips Membeli Velg Motor Bekas

5.    Cek Keadaan Bodi Motor

Bodi motor adalah sesuatu yang pasti terlihat oleh mata. Untuk itu, anda juga harus melakukan pengecekan kepada keadaan bodi motor bekas yang akan anda beli. Pastikan sepeda motor hanya mempunyai goresan-goresan yang wajar, tidak memiliki peyokan dan tidak retak. Adanya goresan berlebih, peyokan dan retakan dapat menurunkan harga sepeda motor yang anda beli. Selain itu, anda juga harus mengecek apakah suku cadang yang ada pada motor adalah suku cadang asli atau sudah diganti. Jika sudah diganti, jangan lupa tanyakan apakah suku cadang pengganti tersebut adalah barang ori atau barang KW. Jika diperlukan, anda bisa mengajak kenalan anda yang mengerti tentang motor dan mesin untuk memastikan.

6.    Hidupkan Mesin dan Coba Jalankan

Saat membeli kendaraan, baik bekas maupun baru, tentu anda harus melakukan test drive. Cobalah menghidupkan mesin baik melalui starter otomatis atau melalui cara manual. Pastikan suara mesin sepeda motor tersebut masih halus tanda sepeda sering ganti oli dan dirawat dengan baik. Cobalah jalankan sepeda motor dalam kecepatan pelan, kecepatan sedang dan kecepatan tinggi untuk memastikan sepeda motor aman dan nyaman ketika anda sudah membelinya.

BACA  Spesifikasi Lengkap Honda Verza

7.    Teliti Apakah Sepeda Motor Sudah Pernah Kecelakaan atau Tidak

Tips membeli sepeda motor bekas yang terakhir adalah dengan menanyakan kepada penjual, apakah sepeda motor Honda Tiger Revo yang anda beli pernah mengalami kecelakaan atau tidak. Kendaraan yang sudah [pernah mengalami kecelakaan, pasti lebih ringkih daripada sepeda biasa terutama pada bagian roda, stang serta rangka motor yang terdapat kebengkokan.

Nah itulah tadi beberapa tips penting sebelum anda memutuskan untuk membeli motor Honda Tiger Revo bekas. Semoga tips diatas dapat membantu anda. semoga bermanfaat!