Trick Rem Tetap Pakem Biarpun Memakai Ban Gambot

Modifikasi yaitu salah satu wujud dari kreatifitas bagi seseorang. Namun ada bagusnya jikalau modifikasi yang akan dijalankan masih memperhitungkan kenyamanan dan keselamatan bagi pengendaranya. Salah satu yang paling gampang dijalankan yaitu memodifikasi kaki-kaki dengan mengganti ukuran ban yang lebih besar.

Selain motor akan nampak lebih gagah dan kokoh, motor malah terasa lebih mantab dikendarai terpenting ketika kecepatan tinggi, walaupun motor jadi agak berat pada tarikan awal. Kebanyakan para otomania tak memperhitungkan perangkat rem setelah merubah ukuran ban yang lebih besar, mereka berpendapat bahwa kerja rem bawaan masih mumpuni.

Namun anggapan ini salah, jikalau mengganti ban dengan ukuran yang lebih besar otomatis kerja rem akan jadi lebih berat. Karena beban putar dan torsi ban jadi lebih berat sehingga secara mekanis kerja rem jadi berkurang, terpenting rem depan. Jika hal ini dibiarkan maka kampas rem akan cepat aus dan habis terbakar, sebab gaya gesek antara kampas dan piringan cakram kian besar dan berat.

BACA  Tips dan Cara Membeli Mobil Bekas

Piringan cakram lebar Agar Rem Tetap Pakem Sedangkan Ban GambotNah solusi dar persoalan ini, sobat otolovers dapat mengganti piringan cakram depan dengan ukuran diameter yang lebih besar pula. Misal diemeter autentik cakram bawaan motor berukuran 28 mm, silahkan diganti dengan ukuran 20 mm atau 32 mm. Dengan demikian kerja rem akan lebih tepat target sebab media gesek piringan cakram lebih besar dan lebar, sehingga rem lebih pakem dan kampas rem sedikit lebih awet. Hal ini perlu dijalankan, khusunya pada motor matik yang memiliki engine braking yang lemah sehingga praktis rem hanya mengandalkan rem depan dan belakang saja.

Bisa mengkanibal piringan cakram milik motor lain,atau menerapkan cakram macam. Dan ketika memilih piringan cakram malah semestinya berhati-hati, salah memilih piringan rem justru akan menyebabkan rem tak pakem dan setang jadi bergetar hebat ketika direm. Usahakan mencari piringan cakram yang berbahan besi baja,selain bendung muai friksi rem juga lebih optimal. Jika memilih dari produk macam perhatikan mereknya, jikalau merek sudah terkenal didunia balap pasti kualitasnya lebih baik, walaupun harganya sedikit lebih mahal.

BACA  Modifikasi Kawasaki KR-1S Menggunakan Mesin Suzuki SV650