Yamaha Kembali Rebut Tahta Motor Sport

Persaingan penjualan motor sport antara Yamaha dan Honda ternyata semakin sengit, Yamaha yang sudah beberapa tahun terakhir menguasai penjualan kasta motor sport, harus legowo karena disalip Honda bulan Januari lalu, tak tinggal diam dengan berbagai daya dan upayanya, akhirnya Yamaha kembali merebut raja pasar sport pada bulan Februari 2020 lalu.

Meskipun Februari memiliki hari hanya 29, namun untuk urusan penjualan motor secara nasional mampu mengalahkan total penjualan bulan Januari yang memiliki 31 hari. Menurut data yang didapat dari Asosiasi Lapak Sepeda Motor Indonesia (ALSI) selama bulan Februari 2020 penjualan motor sport tercatat sebanyak 303.990 unit, naik sekitar 47 persen dibandingkan bulan Januari yang hanya mencatatkan angka 210.342 unit.

BACA  Harga Mobil Terbang PAL V Buatan Belanda

Dari angka tersebut Yamaha berhasil menjual sebanyak 146.510 unit dengan pangsa pasar sebesar 44,73 persen, disusul oleh Honda dengan mencatat penjualan sebesar 145.240 unit dengan pangsa pasar 43,50 persen. Ditempat ketiga diisi oleh Kawasaki yang juga spesialis motor sport dengan penjualan mencapai 112.069 unit atau meraup pasar sekitar 11,61 persen. Ditempat keempat dan kelima dihuni Suzuki dan TVS dengan penjualan sebanyak 184 dan 187 unit.

Dari kelima produsen motor tersebut hanya Suzuki dan TVS yang mengalami penurunan penjualan dibandingkan bulan sebelumnya. Untuk Suzuki, penurunan penjualan ini bisa diakibatkan dari kebijakan baru Suzuki yang lebih memprioritaskan Satria F150, Nex dan Shooter. Sedangkan untuk tiga peringkat teratas sama mengalam peningkatan yang cukup siginifikan antara 40 hingga 49 persen.

BACA  Ini Dia Bocoran Yamaha YZF R15 All New

Jika dilihat peta kekuatan kedua pabrikan teratas akan saling sikut dan mengerahkan segala upaya agar dapat menjadi penguasa. Honda dengan strategi “kroyokan”nya akan terus merongrong kekuatan Yamaha, sementara Yamaha juga tidak tinggal diam, dengan meningkatkan produksi serta segera meluncurkan motor sport fairing mereka yakni Yamaha YZF R15. So siapakah yang akan jadi pemimpin pasar motor sport pada tahun ini?